Tuesday, October 16, 2012

tour d java _Part 7_Indahnya Alam Indonesia

Sabtu, 29 September 2012

Setelah berpelukan kami focus untuk menikmati Jogja… Rencana hari ini kami akan Ke Borobudur, Merapi, Prambanan dan Kota Gede. Pilihannya dengan kenderaan umum atau rental mobil. Kalau kenderaan umum kami hanya bisa mengunjungi 1 tempat saja dan cost yang dikeluarkan malah akan lebih mahal. Akhirnya kami putuskan dengan menyewa 1 buah mobil. Memang kalau orang baik banyak yang menolong (hehehehhe) Seorang sahabatku yang bekerja di Cirebon saat ini dengan datang ke Jogja, dan dia pernah kuliah dan tinggal di Jogja. Aku minta tolong kepadanya untuk nyariin kita mobil sewaan sekaligus menjadi guide kita buat keliling Jogja.
Kami dapatkan mobil sewaan itu, dengan harga 300.000 + bbm kami bisa menggunakannya selama 12 jam. Dan sekarang tim kami jadi berenam Aku, Kak Uli, Wiyah, Kak Liza, Temen Kak Uli dan Sahabatku.

Tujuan pertama Borobudur…Sebanarnya Candi Borobudur itu tidak berada di Porvinsi Jogjakarta melainkan berada di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Magelang. Mungkin karena lebih dekat ke Jogja kali yaa… Sedikit berbeda  dengan suasana 2 tahun lalu terakhir aku kesini. Sekarang sudah ada yang jaga candi dan pengunjung tidak dibenarkan untuk duduk di stupa. Dengan tegas mereka mengawasi setiap pengunjug yang akan duduk. Heheheh (boleh koq duduk kalo mau photo asal curi-curi dan tidak ketahuan) Sesi penting dari kunjungan ke Borobudur ditengah panasnya matahari adalah sesi pemotretan dengan berbagai aksi dan gaya… heheheh (Catet : Paling Penting dari setiap kungjungan adalah DOKUMENTASI.) Hehhehehe

Setelah dari Borobudur kami melanjutkan perjalanan menuju Merapi. Aku belum pernah ke Merapi paska erupsi sepetinya bakal menjadi pengalaman tak terlupakan buat kami. Sebelum sampai dilokasi kami minta sama pak Supir untuk mencari tempat makan, karena sepertinya cacing kami pada demo didalam.  Lafaaarrr euyyy…. Kami makan disalah satu warung menuju Merapi. Untuk bertujuh kami membayar Rp. 126.000 masih tergolong murah. Sepanjang perjalanan menuju kaki merapi pak supir yang emang doyan ngobrol menyarankan kami untuk naik jeep menikmati kaki merapi. Hmmm kanapa ga di coba !!!

Sampainya di kaki merapi kami ditawari naik jeep. Aku mengiyakan kemudian melirik yang lain sambil berdoa dalam hati mereka juga mau. Yess !!! sepakat semua mau Rp. 250.000 / jeep cukup untuk kami berenam. Kami dibawa melalui jalur yang terjal. Langsung fikiranku berada di tahun 2010 saat erupsi terjadi, membayangkan berita yang diinformasikan di telivisi, melihat foto-foto yang dikirim oleh teman-teman ku di PMI. Aksi relawan yang tak kenal lelah saat erupsi terjadi. Jiwa relawan ku terusik seketika. Seperti berada di tengah-tengah kejadian itu dan ikut membantu proses evakuasi. Lamunan ku tersadar saaat kami harus menaiki tebing terjal.

Mas Kukuh nama pengemudi Jeep yang kami tumpangi sepertinya sudah tidak deg degan seperti kami saat melewati jalan yang terjal ini. Selama perjalanan mas kukuh yang memang pendiam tetapi selalu menjawab pertanyaan kami yang memang penasaran dengan kejadian erupsi 2 tahun lalu. Kami menemukan banyak tulang – tulang binatang yang dikumpulkan dan dijadikan bukti sejarah, berfoto di batu alien. Kata mas kukuh batu itu kalau dilhat seperti wajah manusia yang sedang marah.  Dari Batu Alien kami dibawa ke tebih kali Putih dan mengambil kesempatan untuk sesi pemotretan…ehehheheh. Tempat terakhir yang kami kunjungi adalah museum Merapi, yaitu salah satu rumah penduduk yang masih utuh fondasinya tetapi atap dan semua isinya sudah tidak berbentuk seperti semula karena meleleh. Masih terpajang jelas waktu erupsi terjadi pukul 12.10 dan jam diding tersebut pas mati pada waktu erupsi itu itu. Kami kembali terenyuh melihat museum itu. Apapun bisa terjadi kalau Allah berkehendak

Selesai dari bekeliling kami harus kembali post kedatangan, jalan yang kami lalui ga kalah serunya. Aku yang memang punya komunitas touring, menikmati perjalanan ini. Seruuuu…. Luar biasa. Pengalaman Merapi adalah pengalaman baru ku di Jogja… dan ini adalah kunjungan luar biasa untuk ku.
Dari Kaki Merapi kami akan ke Kota Gede melihat kerajinan Perak. Cantik – cantik hasil kerajinannya dan harganya pun luar bisa cantik. Wiyah yang berminat membeli aku dan yang lain ikut menemani saja disana… Kota Gede selesai… tujuan berikutnya.

Selama perjalanan menuju Kota Jogja aku tawarkan keteman-teman untuk Singgah ke Alun-alun Selatan pasti sangat ramai,mengingat adalah malam minggu. Dan yang lain pun setuju. Kami berenam diantar ke Alun-Alun Selatan. Dan benar saja. Alun-alun Selatan Jogja dipenuki dengan banyak orang, lampu berwarna-warni, becak dan sepeda yang dihias dengan lampu dan dapat di sewa, berbagai atraksi… Jogja emang gada matinya. Hal yang tidak boleh terlupa dan sudah terkenal seantero jagat raya adalah beringin kembar.

Konon katanya jika seseorang  berjalan diantara dua beringin dimulai dari tiang bendera sampai melewati beringin kembar tersebut permintaannya akan dipenuhi. Ternyata semua pada penasaran. Wiyah penasaran dan mencoba, sekali melenceng ke kanan, yang kedua melenceng ke kiri, dan berkali-kali tidak berhasil juga. Kak Liza ga mau ketinggalan begitu juga kak Uli mencoba berkali-kali dan tidak berhasil. Sementara aku dan teman ku yang satu tidak hanya menjadi guide mereka. Aku ga nyoba. Sudah pernah nyoba dulu tapi  dan sekarang ga mau nyoba, feelingnya ga keren takut ga berhasil dan malu. Hahahahah. Ada yang lucu, orang-orang yang belum coba pasti akan merasa sepele dengan permainan ini. Mana mungkin ga bisa lewat dan setelah dicoba ga seperti yang dibayangkan ga semua bisa lewat. Hahahahahah

Setelah selesai bermain-main untuk makan malam ke daerah malioboro, kali ini kami naik delman (Mobil sewaan kami sudah selesai masanya. Ehheheh) Serunya naik delman adalah perpaduan dari  bau kotoran kuda dan enjot –enjotan. Hehehhehe. Suasana malam minggu di malioboro juga ga kalah ramainya, kita memilih lesehan sepanjang malioboro untuk makan malam. Setelah makan malam kita pun lanjut kembali ke hotel dengan berjalan kaki. (Nasi yang sudah kita makan akan menjadi energy selama perjalanan pulang… dan energinya abis sampai hotel kita lapar lagi…. Heheheheh)

Selesai untuk hari ini… waktunya bobok manis, nyimpen energy buat besok…