Friday, October 26, 2012

Idul Adha ku 2012

Allahu Akbar Allahu Akbar Allailu Akbar
laa ilaaha illallahu wallahu akbar
Allahu akbar walillahil hamd

Sejak tadi malam takbir berkumandang tanpa henti hingga tanggal 13 Zulhijjah atau 29 Oktober 2012 yang manandakan datangnya 5Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1433 H bertepatan pada Jum'at 26 Oktober 2012. Dimana sehari sebelumnya baonyak muslim yang tidak melaksanakan haji melaksanakan puasa Arafah dengan hadist nabi "puasa arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang, puasa Asyuro (10 Muharram akan menghapuskan dosa setahun yang kalu (HR. Bukhari)

Pagi ini udara mendung, dan  takbir masih rerus berkumandang. kami sekeluarga bersiap -siap untuk segera ke lapangan masjid untuk melaksanakan sholat Idul Adha. Berbeda dengan sholat Idul Fitri dimana umat muslim disunnahkan untuk makan sebelum sholat Idul Fitri pada Idul Adha muslim disunnahkan untubk berpuasa sampai selesai sholat Idul Adha. Aku, Bapak, Mamak dan Adikku berangkat kelapangan masjid bersama. dan lebaran Idul Adha kali ini tanpa Abang tertuaku yang bertugas di Bengkulu. Satu hal lagi yang aku anggap mitos dari Almarhum Mbah ku, kalau saat lebaran dipantangkan membersihkan rumah (nyapu kali yaaa) sampai slesai sholatIdul Adha
Lapangan masjid sudah ramai dipenuhi para jemaah, aku dan mamaku bergabung dengan jemaah perempuan lainnya menempati shaf paling belakang, sambil ber say hello ke teman-teman ku yang ketemu di masjid, tak lama kami sampai sholat Idul Adha pun dimulai tepat pukul 07.20 (padahal di pengumuman depan mesjid pukul 07.30 wib, lebih cepat lebih baik not on time but in time..hehehe)

Selesai sholat ustadz menberikan ceramahnya, nama Pak Ustandznya Bapak Sumarno. ku lihat Ibu-ibu disebelahku sudah mulai mengantuk (hoammmmm pas banget udaranya mendukung) aku malah tertarik sama ceramah pak ustadz yang suaranya menggelegar penuh semangat

Dalam ceramahnya pas ustadz bilang di dunia ini dari jaman Nabi Adam (Atok  Adam. hehehhe) sampai Nabi Muhammad ada ribuan nabi dan rasul yang diutus dalam Al-Mukminum : 78 di sebutkan nabi tersebut ada sebagian diceritakan sebagian tidak. Semua nabi dan rasul yang diutus mengajarkan tauhid. "SEBAGAI SEORANG MUSLIM.... (suara ustadznya buat ibu-ibu yang ngantuk tadi duduk dengan tegak... hehehe ilang kali ya bu ngantuknya dibuat pak ustadz) KITA TIDAK BOLEH BERHENTI BERBUAT KEBAIKAN (Ooooo manggut - manggut)

pak ustadz bilang ada 2 hal yang harus dilakukan dalam Idul Adha
1. Sholat Idul Adha baik laki-laki, perempuan termasuk yang sedang menstruasi (deg... biasana kalo lagi dapet saya ga sholat Idul Fitri atau Idul Adha pak ustadz) emang waktu sholat ya ga sholat tapi menghadiri sholat ied tentunya memisahkan diri dari yang sholat tujunnya adalah agar perempuaan-perempuan itu menyaksikan kebaikan dan mendengar khutbahnya
2. Berqurban (jadi inget broadcast dari temen tentang shaun the sheep yang ga tayang setelah hari raya kurban karena para domba dikorbankan... wekekkekekekke)
Rupanya ada syarat-syarat untuk hewan yang akan dikurbankan yaitu : ga boleh matanya buta sebelah, yang sakit, yang pincang, yang sudah tua.

Pak ustadz memyelesaikan khutbahnya ditutup dengan doa

Kami para jama'ah pun bersalam-salaman dan kembali kerumah masing-masing. Udah ga sabar mau menikmati lontong buatan emakku yang terenak di dunia.
"Kepada para jamaah yang berkurban hari ini harap berkumpul kembali dihalaman masjid pukul 08.30, untuk menyaksikan hewan yang akan disembelih" panitia kurban memberikan pengumuman. Dan aku menarik adik ku yang gendut untuk segera pergi dari halaman masjid sebelum menjadi kurban. hehehehehe


Selamat Idul Adha
Semoga kisah Nabi Ibrahim dan Ismail dapat meningkatkan iman dan ibadah kita

No comments: