Thursday, January 03, 2013

Review ku tahun 2012 -- Mengabdi dan bekerja


Tahun 2012 tahun yang luar biasa buat aku. tahun dimana aku punya harapan baru dalam hidup ku. Banyak suka duka yang aku rasakan ditahun 2012 ini. Suka yang membuat aku bisa tertawa lepas bagai manusia tanpa masalah, dan duka yang membuat aku sampai harus menangis tersedu menahan sedih. Semua perjalanan hidupku di tahun 2012 salah satu perjalanan hidup yang akan menjadi sejarah kisah hidupku.

Diawali dengan pekerjaan baru yang aku dapatkan diakhir tahun 2011 lalu. Di tahun 2012 membuatku semakin paham fungsi dan peran ku di pekerjaan ini. Bekerja pada Program Tuberkulosis (TB) yang berbasis masyarakat untuk area kerja Kota Medan. Di program ini aku bertemu dengan orang – orang baru, ibu-ibu kader dari seluruh penjuru Kota Medan yang menjadi ujung tombak dalam menjalankan program ini, menjadi partner Dinas Kesehatan Kota Medan dan menjalin hubungan sangat baik dalam menjalankan program ini, berkomunikasi aktif dengan pemerintahan kota Medan di tingkat kecamatan dan kelurahan Kota Medan.
Bertemu dengan partner – partner baru, menjadi satu-satunya perempuan dalam kantor ku. Seperti gadis di sarang penyamun. Heheheheh. Partner ku dengan macam-macam tingkah dan sifat nya menjadikan suasana kantor lebih berwarna dan kami seperti sebuah keluarga baru. Di ruangan kantor dengan fasilitas sederhana ini kami menjalankan program ini. Ada suka, ada duka, ada marah, ada tawa keberhasilan, ada kesal berat untuk dijalankan tapi sangat manis untuk dikenang.

Bergabung dengan TB Care ‘Aisyiyah membuat aku mengenal satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia. Ya ‘Aisyiyah Sumatera Utara. Pengurus organisasi ini adalah ibu-ibu yang sangat bersahaja, dengan kelembutan dan sifat keibuan yang selalu menginspirasi aku dengan semangat tak pernah lelah dan menyerah walau usia mereka sudah tidak muda lagi.

Berada di tengah-tengah Ibu ini serasa seperti berada di dekat Ibu kandung sendiri, ngomong mereka selalu lembut dan menginspirasi. Tidak canggung menegur dengan lembut jika salah, tidak ragu menasehati untuk kebaikan dan selalu mengingatkan dalam setiap kesempatan.
Program yang aku pegang bukan program yang berjalan dengan mulus sebelumnya program ini mendapat raport merah. Aku dan tim ku dengan kemapuan maksimal yang kami miliki berusaha menjadikan program ini bangkit lagi dan menjadikannya rapot hijau. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik walau tidak semulus yang di bayangkan tapi kami mampu melewati – masa sulit kami.

Di tahun 2013 ini kami berharap apa yang sudah kami  lakukan dapat lebih meingkat lagi menjadi lebih baik. Program kami ini berguna untuk masyarakat dan orang banyak sehingga nantinya TB bisa dihentikan penularannya. Amin Ya Rabbal Alamin…


“Dimanapun kita mengabdi dan bekerja yang penting adalah apa yang kita lakukan dapat berguna dan bermanfaat untuk orang banyak”

No comments: